(031) 5917654
OPEN: MON - SAT: 08.00 - 17.00
Info@depotkamera.com

Blog

HomeOtherPilih Mirrorless atau DSLR ?

Pilih Mirrorless atau DSLR ?

MIRRORLESS ATAU DSLR?

Mungkin banyak dari kita yang sering bingung dalam memilih kamera, terutama dalam menentukan jenis kamera. Dengan seiring bertambah canggih nya kamera MIRRORLESS, seolah-olah DSLR sudah mulai tergeser. Tetapi apakah benar sekarang dan nanti nya ERA DSLR akan habis dan semua akan beralih ke Mirrorless.

Mari kita bedah kelebihan dan kekurangan masing-masing

BODY RINGAN

Dari segi ukuran dan berat memang secara signifikan kamera tipe ini jauh lebih kecil dan ringan sehingga  dapat mengurangi beban di dalam tas kamera kita sebagai fotografer.

https://cameradecision.com

FITUR YANG CANGGIH

Dari segi fitur memang mirrorless sekarang jauh lebih canggih dibandingkan dengan DSLR. Beberapa fitur yang signifikan adalah auto focus dan tracking wajah yang lebih cepat dan akurat. Sehingga membuat mirrorless sekarang lebih banyak diminati oleh baik itu fotografer professional maupun fotografer amatir. Dan juga layar yang fleksible membuat angle foto lebih variatif

https://www.seanmurphystudios.com/

Namun Diantara semua kelebihan kelebihan di atas kamera mirrorless memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan DSLR beberapa diantaranya:

LENSA YANG BESAR

Walaupun body mirrorless lebih ringan, namun lensa-lensa yang dimiliki atau dikeluarkan kebanyakan adalah lensa berukuran JUMBO, sebut aja Canon EOS R dengan Lensa 28-70mm f2 dan Sony A7C dengan Lensa Versi GM nya. Sangat disayangkan sekali Perusahan tidak membuat lensa canggih dengan ukuran lebih kecil. Jadi saat memakai body mirrorless dan lensa yang besar sepertinya berat nya jadi melebihi kamera DSLR yang biasa kita pakai.

https://snapshot.canon-asia.com

DURABILITY

Tidak diragukan lagi untuk durability kamera DSLR juaranya. Baik dari ketahanan terhadap Hujan, pemakaian dan lain lain, DSLR jauh lebih dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan mirrorless. Bahkan di salah satu video DIGITAL REV canon 7D masih saja tetap menyala  dites berkali kali dibanting, bahkan dibakar menggunakan api.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Kamera Mirrorless dan DSLR memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing.

Untuk hasil foto, ketajaman dan karakter kamera memang bisa dikatakan semua memiliki ciri khas nya tersendiri masing- masing baik mirrorless ataupun DSLR. Sekarang semua tergantung kepada kita mana yang sesuai dengan selera dan karakter kita sebagai fotografer.

So untuk semua pilihan kamera semua ada di tangan kita. Yang terpenting adalah Skill kita terus terasah tanpa terlalu mendewakan Gear. Jadi menurut kalian apakah MIRRORLESS atau DSLR ?

Older

Review Singkat Sony A7 IV, Rilis Akhir Desember 2021

Newer

Tips Menyimpan Kamera & Lensa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping cart
Sign in

No account yet?

Create an Account
Product Categories
Follow: