(031) 5917654
OPEN: MON - SAT: 08.00 - 17.00
Info@depotkamera.com

Blog

HomeOther6 Cara Menghasilkan Uang dari Foto

6 Cara Menghasilkan Uang dari Foto

Ada beberapa cara menghasilkan uang dari foto yang perlu Anda tahu. Cara-cara ini bisa digunakan baik untuk mencari penghasilan utama maupun sekadar sampingan. Satu yang pasti, Anda harus melakukannya dengan telaten dan totalitas.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini cara menghasilkan uang dari fotografi.

Cara Menghasilkan Uang dari Foto

  1. Menjual Foto (Softcopy dan Hardcopy)

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah menjual foto, baik itu dalam bentuk softcopy maupun cetak (hardcopy). Anda bisa memanfaatkan berbagai website terkenal untuk menjajakan hasil foto, seperti Dreamstime, Snapwire, Shutterstock, dan masih banyak lagi.

https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-black-shirt-taking-picture-of-flowers-on-top-of-table-3584951/

Saat ada calon pembeli yang tertarik membeli karya Anda, dia akan mengontak website yang bersangkutan dan mengirim sejumlah uang. Anda akan menerima uang dalam bentuk saldo. Biasanya komisi jualan foto bisa mencapai $0,2-100 per foto.

Sedangkan menjual foto hardcopy bisa dilakukan melalui platform e-commerce. Caranya adalah dengan menyediakan jasa percetakan foto. Jadi, pembeli mengirim file foto, lalu Anda bertugas mengeditnya sesuai dengan pesanan dan mencetaknya.

  • Ikut Lomba Fotografi

Cara mencari uang berikutnya adalah dengan mengikuti lomba foto. Setiap bulan selalu ada event atau lomba foto yang tersedia di internet, baik itu level lokal, nasional, atau internasional.

Jangan ragu untuk ikut mendaftar, Anda bisa mulai dari mengikuti lomba yang gratis tanpa biaya pendaftaran. Setiap lomba memiliki spesifikasinya sendiri, biasanya dibedakan menurut genre foto. 

Misalnya, Anda suka memotret landscape, maka silakan mengikuti lomba fotografi bertema landscape. Ada baiknya Anda hanya mengikuti satu lomba per bulan agar bisa fokus hunting foto terbaik untuk lomba tersebut.

  • Ikut Pameran Fotografi

Sebelum ikut pameran fotografi, ada baiknya Anda mengikuti komunitas-komunitas fotografi agar bisa mengetahui event-event seperti itu. Jagalah relasi dengan sesama kawan fotografer agar Anda tahu banyak berita terbaru di sekitar.

Pameran fotografi berbeda dengan perlombaan, disini karya foto dipajang untuk dinikmati oleh pengunjung pameran. Tidak jarang ada pengunjung yang tertarik pada sebuah foto dan berniat untuk membelinya.

Jangan ragu untuk mengikuti pameran fotografi dan menampilkan karya terbaik Anda. Tidak apa-apa jika ternyata foto Anda tidak lolos seleksi untuk ikut pameran, paling tidak Anda sudah mencoba.

  • Membuka Kelas Fotografi

Apabila merasa yakin dengan kemampuan fotografi yang dimiliki, tidak ada salahnya Anda membuka kelas fotografi level pemula. Saat ini memberikan training tidak lagi butuh banyak modal karena bisa dilakukan secara online.

Cara menghasilkan uang dari foto ini tergolong menjanjikan karena saat ini banyak anak muda yang ingin bisa memotret dengan baik. Jika tidak bisa menjadi fotografer profesional, paling tidak mereka bisa memamerkan hasil karyanya di media sosial.

https://www.pexels.com/photo/lids-raising-their-hands-in-the-classroom-8363570/
  • Menjadi Fotografer Freelance

Fotografer freelance adalah mereka yang stand by di lokasi wisata dan menawarkan jasa foto ke pengunjung. Jika ada pengunjung yang tertarik, Anda bisa menjual jasa dengan hitungan per foto. 

Profesi ini mungkin terdengar out of date, tetapi percayalah tetap ada orang yang butuh jasa fotografer freelance seperti ini.

  • Membuka Jasa Editing Foto

Selain fotografi, keahlian penting yang harus dimiliki seorang fotografer adalah skill editing foto. Post-production sama krusialnya dengan pra-production. Ini menjadi peluang cuan bagi Anda karena tidak semua orang mau dan bisa melakukan editing.

Anda bisa memulai usaha editing foto menggunakan software gratis seperti Ashampoo Photo Optimizer, Photos Pos Pro, dan Paint.NET. Jika usaha sudah berkembang, jangan ragu untuk menggunakan software berbayar.

https://www.pexels.com/photo/lids-raising-their-hands-in-the-classroom-8363570/
Older

10 Kamera Terlaris 2021 

Newer

Kapan Harus Menggunakan Autofocus vs Manual Focus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping cart
Sign in

No account yet?

Create an Account
Product Categories
Follow: